Sabtu, 07 Januari 2012

SILABUS PKN KELAS 6 SD SEMESTER 1 DAN 2


SILABUS


Mata  pelajaran        : Pendidikan kewarganegaraan
Kelas / semester        : VI (Enam) / 1  (satu)
Standar kompetensi : 1.  Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan pancasila sebagai dasar Negara

Kompetensi dasar
Materi pokok / pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan pancasila sebagai dasar Negara.
Dasar Negara pancasila
Mencatat  hal-hal    penting  yang di perjuangkan.
● Membuat kliping tokoh-tokoh pejuang.
● Mencatat rumusan pancasila.
● Mengadakan wawancara  dengan narasumber.
● Mendiskusikan hasil wawancara .

Menuliskan susunan panitia Sembilan.
● Menyebutkan nama-nama panitia Sembilan.
● Menuliskan rumusan pancasila yang dikemukakan oleh Mr.Muh.Yamin,
Supomo,dan Ir.Soekarno.
● Menyebutkan tanggal disyahkannya pancasila sebagai dasar  Negara.
● Menyebutkan rumusan pancasila secara berurutan.
● Mengidentifikasi nilai-nilai juang yang dimiliki para tokoh dalam  proses perumusan pancasila.
Teknik
Tertulis
● Lisan
● Perbuatan
Bentuk
● PG
● Isian
● Essay
● Porto folio

20 jp × 35 menit
Buku PKN Kls.VI
Buku pegangan siswa.
Pelajaran yang sesuai dengan materi.
Gambr    tokoh
Gambar
Garuda      Pancasila.
1.2 Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan pancasila sebagai dasar  Negara.
Persatuan dan kesatuan .
Siswa mencari  rumusan pancasila dari  berbagai sumber.
● Siswa membaca buku 30 tahun Indonesia merdeka di perpustakaan.
● Membaca buku tentang rumusan pancasila.
● Mencatat nilai-nilai dari tokoh yang dapat diteladani
●Mendemonstrasikan nilai-nilai tersebut.
Menceritakan  secara singkat hasil rumusan yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno, Muh. Yamin dan Supomo sebelum memasuki UUD 1945.
● Menyebutkan hasil rumusan yang dikemukakan pada tanggal 29 mei, 30 mei, dan 1 juni 1945.
● Menyebutkan isi dar i piagam  Jakarta.
● Menuliskan contoh nilai kebersamaan yang dimiliki oleh setiap tokoh dalam perumusan pancasila.
●Mendemonstrasikan salah satu contoh nilai kebersamaan yang dapat diteladani.
Teknik
● Tertulis
● Lisan
● Perbuatan


Bentuk
● PG
● Isian
● Essay
● Porto folio performance


1.3 Meneladani nilai  juang para tokoh yang berperan dalam  proses  perumusan pancasila sebagai dasar  Negara dalam kehidupan sehari-hari

Keteladanan


Menyebutkan tiga tokoh  yang berperan dalam  perumusan pancasila.
Menyebutkan isi pancasila.
Mengembangkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan  proses  pencetusan Dasar  Negara diambil dari piagam Jakarta.
Menuliskan Dasar  Negara tercantum dalam pembukaan UUD 1945





Standar Kompetensi  : 2. Memahami system pemerintahan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian
Alokasi Waktu

Sumber Belajar
2.1 Menjelaskan proses Pemilu dan pilkada
Demokrasi
·         Mencatat
·         penjelasan
Penjel guru tentang
KPU/  KPU/ KPUD
Mengidentifikasi aturan yang harus ditaati dalam proses Pemilu dan Pilkada.

● Menyimak informasi tentang pemilu dan pilkada.
●Mendemonstrasikan proses Pemilu dan Pilkada.
Menjelaskan pengertian Demokrasi di Indonesia.
● Menjelaskan arti Pemilu dan pilkada
● Menceritakan proses terjadinya pelaksanaan Pemilu diIndonesia.
● Menceritakan  proses  Pilkada di Indonesia.
● Menggambar struktur pemerintahan pusat dan daerah.
● Membedakan peranan  Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif  di Indonesia, baik pemerintahan  pusat maupun daerah.
● Menyebutkan tujuan  diadakannya Pemilu dan Pilkada.
● Menuliskan unsur-unsur  yang terlibat dalam Pemilu dan Pilkada.
●Mendemonstrasikan  pelaksanaan pemilu dan pilkada.



2.2 Mendeskri
psikan lembaga-lambaga  Negara  sesuai UUD 1945 hasil amandemen
Lembaga-  lembaga Negara
Mencatat  lembaga-lembaga   Negara  yang sesuai dengan  UUD 1945.
●MendiskusikanLembaga-lembaga  Negara tersebut.
●Menyimpulkanhasil diskusinya.
● Menuliskan lembaga-lembaga Negara yang ada diIndonesia.
● Menyebutkan bagian-bagian dari UUD 1945
●Menyebutkan pasal  yang berkaitan dengan pemilu.
● Menyebutkan pasal-pasal  yang menyangkut agama, pendidikan, perekonomian dan fakir miskin serta bendera dan bahasa.



2.3 Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan  daerah.
● Tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah.
● Mencatat tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah.
●Mendiskusikan tugas pemerintahan pusat dan daerah.
● Menyebutkan tugas  lembaga Legislatif.
● Menyebutkan  tugas  Lembaga Eksekutif.
● Menyebutkan tugas Lembaga Yudikatif.
● Menjelaskan fungsi dan tugas lembaga Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif.










Mata  Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / semester        : VI  (Enam) / 2 (Dua)
Standar Kompetensi: 3.  Memahamiperan Indonesia dalam lingkungan  Negara-negara di Asia Tenggara
Kompetensi
dasar
Materi pokok /Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
 Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
3.1 Menjelaskan pengertian
Kerja sama  Negara-negara  Asia Tenggara.
ASEAN
 Siswa mencatat nama-nama Negara ASEAN
● Siswa mencatat tujuan berdirinya  ASEAN
● Siswa mencatat bentuk kerja sama ASEAN
● Menjelaskan proses terjadiny  adeklarasi Bangkok
● Menuliskan bentuk kerja sama  Negara-negara ASEAN
● Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama antar Negara ASEAN
Teknik Test
● Lisan
● Tertulis
● Praktek


Non Test
● Lisan
● Tertulis
● Demonstrasi

Bentuk
● PG
● Isian
● Uraian
● Praktek

2jp x 35 menit

3.2 Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan Negara ASEAN
Peran  Indonesia dalam lingkungan Asia Tenggara
● Mengidentifikasi peran Indonesia di Asia Tenggara
● Mencatat contoh kerja sama Indonesia dengan Negara lain di Asia Tenggara
● Siswa dapat menyebutkan peran Indonesia di Negara Asia Tenggara
● Menyebutkan yang menandatangani deklarasi
● Menyebutkan  kantor secretariat  ASEAN
● Menyebutkan         tempat-tempat pendirian pabrik-pabrik demi kemajuan ekonomi Negara ASEAN
Teknik test
● Lisan
● Tertulis
● Praktek

Non test
● Demonstrasi
 
 Bentuk
● PG
● Isian
● Uraian
2jp x 35 Menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar