SILABUS
Mata pelajaran : Pendidikan kewarganegaraan
Kelas / semester : VI (Enam) / 1 (satu)
Standar kompetensi : 1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan pancasila sebagai dasar Negara
Kompetensi dasar | Materi pokok / pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan pancasila sebagai dasar Negara. | ● Dasar Negara pancasila | ● Mencatat hal-hal penting yang di perjuangkan. ● Membuat kliping tokoh-tokoh pejuang. ● Mencatat rumusan pancasila. ● Mengadakan wawancara dengan narasumber. ● Mendiskusikan hasil wawancara . | ● Menuliskan susunan panitia Sembilan. ● Menyebutkan nama-nama panitia Sembilan. ● Menuliskan rumusan pancasila yang dikemukakan oleh Mr.Muh.Yamin, Supomo,dan Ir.Soekarno. ● Menyebutkan tanggal disyahkannya pancasila sebagai dasar Negara. ● Menyebutkan rumusan pancasila secara berurutan. ● Mengidentifikasi nilai-nilai juang yang dimiliki para tokoh dalam proses perumusan pancasila. | Teknik ● Tertulis ● Lisan ● Perbuatan Bentuk ● PG ● Isian ● Essay ● Porto folio | 20 jp × 35 menit | ● Buku PKN Kls.VI ● Buku pegangan siswa. ● Pelajaran yang sesuai dengan materi. ● Gambr tokoh ● Gambar Garuda Pancasila. |
1.2 Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan pancasila sebagai dasar Negara. | ● Persatuan dan kesatuan . | ● Siswa mencari rumusan pancasila dari berbagai sumber. ● Siswa membaca buku 30 tahun Indonesia merdeka di perpustakaan. ● Membaca buku tentang rumusan pancasila. ● Mencatat nilai-nilai dari tokoh yang dapat diteladani ●Mendemonstrasikan nilai-nilai tersebut. | ● Menceritakan secara singkat hasil rumusan yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno, Muh. Yamin dan Supomo sebelum memasuki UUD 1945. ● Menyebutkan hasil rumusan yang dikemukakan pada tanggal 29 mei, 30 mei, dan 1 juni 1945. ● Menyebutkan isi dar i piagam Jakarta. ● Menuliskan contoh nilai kebersamaan yang dimiliki oleh setiap tokoh dalam perumusan pancasila. ●Mendemonstrasikan salah satu contoh nilai kebersamaan yang dapat diteladani. | Teknik ● Tertulis ● Lisan ● Perbuatan Bentuk ● PG ● Isian ● Essay ● Porto folio performance | | |
1.3 Meneladani nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan pancasila sebagai dasar Negara dalam kehidupan sehari-hari | ● Keteladanan | | ● Menyebutkan tiga tokoh yang berperan dalam perumusan pancasila. ● Menyebutkan isi pancasila. ● Mengembangkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. ● Mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari ● Menjelaskan proses pencetusan Dasar Negara diambil dari piagam Jakarta. ● Menuliskan Dasar Negara tercantum dalam pembukaan UUD 1945 | | | |
Standar Kompetensi : 2. Memahami system pemerintahan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
2.1 Menjelaskan proses Pemilu dan pilkada | ● Demokrasi | · ● Mencatat · penjelasan Penjel guru tentang KPU/ KPU/ KPUD ●Mengidentifikasi aturan yang harus ditaati dalam proses Pemilu dan Pilkada. ● Menyimak informasi tentang pemilu dan pilkada. ●Mendemonstrasikan proses Pemilu dan Pilkada. | ● Menjelaskan pengertian Demokrasi di Indonesia. ● Menjelaskan arti Pemilu dan pilkada ● Menceritakan proses terjadinya pelaksanaan Pemilu diIndonesia. ● Menceritakan proses Pilkada di Indonesia. ● Menggambar struktur pemerintahan pusat dan daerah. ● Membedakan peranan Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif di Indonesia, baik pemerintahan pusat maupun daerah. ● Menyebutkan tujuan diadakannya Pemilu dan Pilkada. ● Menuliskan unsur-unsur yang terlibat dalam Pemilu dan Pilkada. ●Mendemonstrasikan pelaksanaan pemilu dan pilkada. | | | |
2.2 Mendeskri psikan lembaga-lambaga Negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen | ● Lembaga- lembaga Negara | ● Mencatat lembaga-lembaga Negara yang sesuai dengan UUD 1945. ●MendiskusikanLembaga-lembaga Negara tersebut. ●Menyimpulkanhasil diskusinya. | ● Menuliskan lembaga-lembaga Negara yang ada diIndonesia. ● Menyebutkan bagian-bagian dari UUD 1945 ●Menyebutkan pasal yang berkaitan dengan pemilu. ● Menyebutkan pasal-pasal yang menyangkut agama, pendidikan, perekonomian dan fakir miskin serta bendera dan bahasa. | | | |
2.3 Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah. | ● Tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah. | ● Mencatat tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah. ●Mendiskusikan tugas pemerintahan pusat dan daerah. | ● Menyebutkan tugas lembaga Legislatif. ● Menyebutkan tugas Lembaga Eksekutif. ● Menyebutkan tugas Lembaga Yudikatif. ● Menjelaskan fungsi dan tugas lembaga Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif. | | | |
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / semester : VI (Enam) / 2 (Dua)
Standar Kompetensi: 3. Memahamiperan Indonesia dalam lingkungan Negara-negara di Asia Tenggara
Kompetensi dasar | Materi pokok /Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1 Menjelaskan pengertian Kerja sama Negara-negara Asia Tenggara. | ASEAN | ● Siswa mencatat nama-nama Negara ASEAN ● Siswa mencatat tujuan berdirinya ASEAN ● Siswa mencatat bentuk kerja sama ASEAN | ● Menjelaskan proses terjadiny adeklarasi Bangkok ● Menuliskan bentuk kerja sama Negara-negara ASEAN ● Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama antar Negara ASEAN | Teknik Test ● Lisan ● Tertulis ● Praktek Non Test ● Lisan ● Tertulis ● Demonstrasi Bentuk ● PG ● Isian ● Uraian ● Praktek | 2jp x 35 menit | |
3.2 Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan Negara ASEAN | Peran Indonesia dalam lingkungan Asia Tenggara | ● Mengidentifikasi peran Indonesia di Asia Tenggara ● Mencatat contoh kerja sama Indonesia dengan Negara lain di Asia Tenggara | ● Siswa dapat menyebutkan peran Indonesia di Negara Asia Tenggara ● Menyebutkan yang menandatangani deklarasi ● Menyebutkan kantor secretariat ASEAN ● Menyebutkan tempat-tempat pendirian pabrik-pabrik demi kemajuan ekonomi Negara ASEAN | Teknik test ● Lisan ● Tertulis ● Praktek Non test ● Demonstrasi Bentuk ● PG ● Isian ● Uraian | 2jp x 35 Menit | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar