RPP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Mata pelajaran : Pendidikan kewarganegaraan
Kelas/semester : V/1
Alokasi waktu : 2 x 35 menit ( 2 x pertemuan)
Standar kompetensi : Memahami pentingnya keutuhan Negara kesatuan
Republic Indonesia ( NKRI)
Kompetensi dasar : a. Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik
Indonesia
b. Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan
Republik indonesia
c. Menunjukan contoh - contoh perilaku dalam menjaga
keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Indikator : a. Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan
Bangasa indonesia
b. Menumbuhkan system keamanan dari masyarakat
sampai aparat pemerintahan
c. Mengidentifikasi perilaku yang dapat menjaga
kesatuan NKRI
I. Tujuan pembelajaran : Setelah pembelajaran, peserta didik dapat
Menjelaskan pentingnya keutuhan NKRI
II. Materi ajar : Kesatuan dan persatuan
III. Metode pembelajaran : Ceramah
Tanya jawab
Demonstrasi
Penugasan
IV. Kegiatan pembelajaran
A. Kegiatan pendahuluan :
a. Mengkondisikan peserta didik pada proses pembelajaran
b. Mengulas materi sebelumnya yang berkaitan dengan materi yang akan datang
c. Menjelaskan tujuan kompetensi dasar yang akan di capai
B. Kegiatan inti :
Pertemuan 1
a. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang materi yang di ajarkan
b. Peserta didik memahami pentingnya persatuan dan kesatuan bngsa Indonesia
c. Peserta didik memahami pentingnya keutuhan Negara kesatuan indonesia
d. Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
e. Peserta didik menerapkan dalam kehidupan sehari – hari
Pertemuan 2
a. Peserta didik menyebutkan system pertahanan dan keamanan di Indonesia
b. Peserta didik menjelaskan system pertahanan dan keamanan di Indonesia
c. Peserta didik menerapkan system tersebut dalam kehidupan sehari - hari
C. Kegiatan akhir :
a. Guru memberikan umpan balik
b. Guru bersama - sama dengan pendidik menyimpulkan hasil pembelajaran
c. Guru melakukan penilaian
d. Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas / PR
e. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
V. Alat / sumber : Gambar peta
UUD 1945
Buku materi PKN kls 5 SD dan buku penunjang lainya yang
sesuai
VI. Penilaian : Secara lisan dan tertulis
· Evaluasi diri/mengisi lembar kerja / latiahn / isian yang ada dalam buku Pkn
Mengetahui, Bumiayu, 29 Desember 2011
Kepala sekolah
……………………….. Fifit ari palupi
NIP NIM. 40210023
Tidak ada komentar:
Posting Komentar